Manajemen Layanan Sistem Informasi
Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi
ASL (Application Service Library)
Aplikasi
Layanan Library (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik
yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin
memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah
"perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku
yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan
dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa
Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model(CMM).
Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model(CMM).
Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, awalnya sebagai model R2C proprietary, yang berkembang menjadi ASL pada tahun 2000. Pada tahun 2001 itu disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL Foundation, sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.
- · Cakupan ASL
ASL2
ini dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan
alat-alat. Dua kategori utama bantu didefinisikan:
Deskripsi dari proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek terbaik terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.
Tujuan
dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
1.
Use Support
4.
Continuity Management
·
Framework ASL
Proses dalam rangka ASL dapat dibagi sesuai dengan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apakah sudut pendekatan 'layanan' atau 'aplikasi'?
2. Apakah proses operasional, taktis atau strategis
terlibat? aplikasi
manajemen digambarkan sebagai manajemen pemeliharaan, peningkatan dan renovasi
aplikasi dengan cara suara-ekonomi bisnis. Itu Prinsip kunci di sini adalah
untuk mendukung proses bisnis menggunakan sistem informasi untuk siklus hidup
dari proses bisnis. Dua
sudut pandang penting dapat dibedakan di sini: Yang pertama adalah perspektif 'mendukung proses
bisnis menggunakan sistem informasi'. Ini berarti menjaga aplikasi dan berjalan
dan memastikan bahwa mereka mendukung organisasi kegiatan sehari-hari. Secara
praktis, ini melibatkan menyediakan layanan terus menerus dengan membuat
perusahaan kesepakatan tentang tingkat layanan dan memulihkan tingkat layanan
yang disepakati secepat mungkin jika penyimpangan ditetapkan; menciptakan
tingkat tinggi aksesibilitas bagi pertanyaan dan komentar dari klien tentang
layanan; mencegah gangguan dan memfasilitasi layanan baru dengan menanggapi
sebagai layanan ICT penyedia dalam waktu yang baik. Fokusnya adalah karena pada
layanan, layanan yang disediakan dan yang (bersama-sama dengan manajemen
infrastruktur) memfasilitasi penggunaan aplikasi. Dalam hal ini biaya umum
jumlah 10 - 20% dari biaya keseluruhan manajemen aplikasi.
Tiga tingkat dibedakan: operasional, taktis dan
strategis.
Tingkat operasional mengakui dua kelompok proses:
·
'pemeliharaan' dari aplikasi: proses
yang memastikan ketersediaan optimum aplikasi saat ini sedang digunakan untuk
mendukung proses bisnis dengan minimal sumber daya dan gangguan dalam operasi.
·
'tambahan / renovasi' aplikasi: proses
yang beradaptasi aplikasi dengan keinginan baru dan persyaratan dalam
menanggapi perubahan organisasi dan lingkungannya. yang diperlukan penyesuaian
dilakukan terhadap perangkat lunak, model data dan dokumentasi.
Cluster proses di tingkat strategis adalah:
·
Organisasi Manajemen Siklus (OCM):
proses yang bertujuan untuk mengembangkan visi masa depan organisasi jasa ICT
dan menerjemahkan visi yang menjadi kebijakan untuk pembaruan nya.
·
Aplikasi Cycle Management (ACM): proses
yang berfungsi untuk membentuk strategi jangka panjang untuk berbagai aplikasi
yang sesuai dalam keseluruhan penyediaan informasi organisasi dalam kaitannya
kebijakan jangka panjang organisasi.
SUMBER :
- https://fitrahadiarief.wordpress.com/2017/05/19/macam-macam-framework-manajemen-layanan-sistem-informasi-itil-asl-cobit/
Komentar
Posting Komentar