TEKNOLOGI MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOBILE DAN WEB
Manajemen Layanan Sistem Informasi
umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada
pengembangan teknologinya sendiri. Banyak pula perusahaan non-teknologi,
seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI
yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Karena kemajuan jaman, maka penerapan Manajemen Layanan Sistem Informasi dibungkus menjadi lebih mudah digapai dan juga lebih mudah digenggam. Untuk itu, banyak perusahaan mempermudah masyarakat dengan adanya internet dan teknologi.
Sebagai awalnya Manajemen Layanan Informasi masuk ke dalam Web. Karena pada masa adanya internet, smart phone belum ada. Sehingga masyarakat mengandalkan website yang hanya dapat diakses melalui PC atau laptop pribadi. Semakin maju perkembangan jaman dan dengan adanya smart phone, maka perusahaan penyedia layanan atau instansi penyedia layanan pun mulai membuat sistem yang dapat diakses ke dalam smart phone.
Mengapa smartphone atau mobile ? Karena melalui website, sudah tidak bisa dikatakan fleksibel. Dimana masyarakat harus membukanya dengan web browser, dan membutuhkan koneksi yang lumayan besar. Sedangkan dengan mobile, masyarakat dapat menggunakannya secara fleksibel dan juga mengurangi biaya koneksi yang dibutuhkan.
Sebagai contoh Tokopedia. Tokopedia awalnya adalah layanan pendidikan berbasis web. Namun Tokopedia mengubahnya kedalam bentuk mobile, sehingga dapat diakses dengan lebih mudah.
Lalu pada masa kini, hadir teknologi AI dan Advanced Machine Learning,
Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin canggih (ML) yang terdiri dari teknologi dan proses seperti pembelajaran yang mendalam (deep learning) dan jaringan saraf. Sebelumnya hal ini dimulai sebagai algoritma untuk mengotomatisasi tugas-tugas manual, meminjam dari teknik statistik canggih yang telah berkembang menjadi kerangka yang lebih luas dan arsitektur yang dapat belajar seperti manusia, dan dapat menggunakan data historis untuk memprediksi masa depan. Sistem ini akan menjadi lebih mudah beradaptasi dan berpotensi beroperasi secara mandiri.
Lalu juga ada AI dan Machine Learning yang menimbulkan spektrum implementasi yang cerdas, termasuk perangkat fisik (robot, kendaraan otonom, elektronik konsumen) serta aplikasi dan layanan (asisten pribadi virtual, penasihat cerdas).
Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin canggih (ML) yang terdiri dari teknologi dan proses seperti pembelajaran yang mendalam (deep learning) dan jaringan saraf. Sebelumnya hal ini dimulai sebagai algoritma untuk mengotomatisasi tugas-tugas manual, meminjam dari teknik statistik canggih yang telah berkembang menjadi kerangka yang lebih luas dan arsitektur yang dapat belajar seperti manusia, dan dapat menggunakan data historis untuk memprediksi masa depan. Sistem ini akan menjadi lebih mudah beradaptasi dan berpotensi beroperasi secara mandiri.
Lalu juga ada AI dan Machine Learning yang menimbulkan spektrum implementasi yang cerdas, termasuk perangkat fisik (robot, kendaraan otonom, elektronik konsumen) serta aplikasi dan layanan (asisten pribadi virtual, penasihat cerdas).
Dan masih banyak lagi teknologi yang
hadir pada masa kini, dan selalu berkembang seiring berjalannya waktu, yang
nantinya kita sendiri yang akan menyaksikan dan merasakan betapa canggihnya
teknologi di masa yang akan datang.
Referensi : https://alvendraihza.blogspot.com/2018/05/teknologi-manajemen-layanan-sistem.html
Komentar
Posting Komentar